Jumat, 05 April 2013

Pemahaman teks dan cara mengolahnya

 
Unsur-unsur Multimedia

Text
Text Merupakan Sebuah kata yang di rangkum dalam suatu kesatuan file yang memiliki arti sebagai, perintah, pengingat, maupun informasi bagi setiap orang yang membacanya. Text hanya bisa kita lihat, tidak bisa kita dengar,  tidak bisa ber ubah ubah bentuk dan sebagainya. Text merupakan unsur multimedia yang paling Penting.

Pengolahan unsur-unsur multimedia ke arah bisnis


Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.

sumber : http://www.satriamultimedia.com/artikel_penerapan_multimedia.html

Pengolahan unsur-unsur multimedia ke arah pendidikan



Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama
ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.


sumber :http://www.satriamultimedia.com/artikel_penerapan_multimedia.html



Pengolahan unsur-unsur multimedia ke arah pertelevisian


Televisi merupakan sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan suara ke dalam gelombang elektronik dan mengkonversinya kembali ke dalam cahaya yang dapat dilihat dan suaranya dapat didengar. Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan dan menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom (“hitam putih”) maupun warna, biasanya dilengkapi oleh suara

pengolahan unsur unsur diatas akan dikombinasikan untuk keperluan pembuatan film, iklan, berita dan lain lain, oleh karena itu teknik multimedia sangat diperlukan bagi orang orang yang bergelut didalamnya
perangkat yang biasanya digunakan:
-Adobe Premiere
-After Effect
-Final Cut
-Illustrator
-Corel Draw

sumber :http://sharingkuliahku.wordpress.com/2011/10/24/pengertian-televisi/
http://indramultimedia.blogspot.com/

Pengolahan unsur-unsur multimedia ke arah percetakan dan iklan

 IKLAN

Iklan (commercial) yang ada di televisi atau internet sering dibuat dalam bentuk multimedia. Multimedia di sini akan melibatkan animasi sehingga kemampuan suatu tokoh bisa melampaui hukum sebab akibat di dunia. Contoh iklan yang melampaui hukum sebab akibat di antaranya kemampuan terbang bagi seseorang, atau kemampuan memperhatikan tarian dari berbagai sudut.




Pemahaman tentang video dan cara mengolahnya


Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi. Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari videotape, dan juga perekam video dan pemutar video. Banyak format video yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat dilihat pada Tabel.

Pemahaman tentang Sound dan cara mengolahnya


Pengertian Sound

Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat. Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format. Tabel berikut memperlihatkan tipe-tipe berkas suara.

Pemahaman Animasi dan cara mengolahnya

Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah diciptakan. Cara sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah dengan menggunkan sejumlah gambar yang berbeda sedikit.
Cara ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan perangkat lunak seperti Ulead GIF Animator, yang akan membuat deretan gambar tersebut disimpan pada sebuah berkas dengan eksistensi .gif. Teknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah morphing. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Teknik ini digunakan pada film Terminator.

Pemahaman tentang gambar dan cara mengolahnya


Pada pembuatan media Informasi digital seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara. Tidak dapat di pungkiri lagi, grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website. Hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang design grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik, dan compatible.

Tipe Grafik Vektor
- Grafik degan Tipe Vektor merupakan Gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva.
- Kualitas Hasil Gambar dari Tipe Vektor tidak tergantung pada resolusi gambar.
- Dalam menyimpan File Tipe Vektor hanya memerlukan ruang penyimpan yang relatif kecil.
- Format penyimpanan File umumnya terdiri dari : *.eps, *. Wmf, dll
- Pilihan Grafik yang peling tepat untuk mengolah/membuat Gambar Logo atau
Gambar Setting percetakan

Tipe Grafik Bitmap
- Tipe Grafik Bitmap lebih dikenal dengan istilah Raster yaitu Tipe Grafik Bitmap
yang merupakan tipe Pencitraan yang mengunakan titik berwarna yang lebih
dikenal dengan istilah PIXEL(Picture Element).
- Tipe Grafis Bitmap sangat baik untuk gambar/pencitraan dengan banyak warna,
karena Tipe Grafik bitmap mempunyai kemampuan untuk mengalokasikan pixel- pixel.
- Tipe Grafik Bitmap sangat baik untuk tipe grafik yang terdiri banyak warna dan
memerlukan ketajaman resolusi gambar.
- Untuk peyimpanan file memang lebih besar dari kapasitas File Grafik vektor.
- Tipe ini sangat tergantung kepada resolusi warna foto/gambar
- Format penyimpanan File biasanya : *.Jpg/*.Jpeg, *.BMP, *.Tif,*.Tiff, *.png.
- Pilihan yang tepat untuk mengolah Gambar dalam bentuk Foto yang Memerlukan ketajaman warna.

Perbandingan Grafik Vektor dengan Bitmap 

 
    # BITMAP
1. Terdiri dari Kumpulan Pixel-pixel.
2. Tergantung pada resolusi (Resolution Dependent).
3. Kapasitas penyimpan File besar.
4. Sangat cocok untuk gambar dengan banyak warna.

# VEKTOR        
1. Dengan warna tertentu terdiri atas Kurva dan Garis.
2. Tidak Tergantung pada resolusi (Resolution Independent).
3. Kapasitas penyimpan File kecil.
4.sangat cocok untuk gambar yang terdiri dari sedikit warna dan gambar sederhana



Warna Grafik
Warna citra memilki warna grafik yang lengkap atau bisa dengan hanya 1 warna
saja (B-W/Black –White/Grayscale) adapun warna tersebut adalah:
- RGB ( Red, Green, Blue) bagus untuk tampilam monitor.
- CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) bagus untuk dicetak ke kertas.



C2. Resolusi Grafik(Pixel).
Resolusi atau ketajaman sebuah gambar merupkan cirri khas dari Tipe grafik Bitmap
, adapun resolusi umum adalah :
1.800 x 600 ( Resolusi Windows ME/Windows 98).
2.1024 x 768 ( Windows XP, Vista, Dst).
C3. Tipe File
Untuk memilih tipe file yang akan kita simpan setelah melakukan pembuatan/
pengeditan gambar maka sebaiknya kita memilih tipe file yang tepat dengan
ketentuan sebagai berikut :

1. Untuk Tipe Grafik Bitmap sebaiknya disimpan dengan Tipe File JPG/JPEG
atau TIFF./PNG.
2. Tipe Grafik Vektor sebaiknya disimpan dengan Tipe File EPS.

Software Program Aplikasi Grafis

#VEKTOR

1. Program Aplikasi Vektor 2D (Dua Dimensi)

Program yang digunakan untuk membuat mengolah tipe grafik vektor 2
dimensi Contoh Programnnya :
a. Corel Draw
b. Adobe Illustrator
c. Macromedia Prehand

2. Program Aplikasi Vektor 3D (Tiga Dimensi)


Program yang digunakan untuk membuat mengolah tipe grafik vektor 3  dimensi
Contoh Programnnya :
a. Maya 3D
b. Strata 3D CX
c. Ulead Cool 3D
d. Swift 3D
e. AutoCAD
f. 3D Home Architect

#BITMAP

1. Program Aplikasi Bitmap 2D (Dua Dimensi)

Program yang digunakan untuk membuat mengolah tipe grafik Bitmap 2 dimensi
Contoh Programnnya :
a. Adobe Photoshop
b. Windows Paint
c. Paint Brush
d. Corel Photo Paint

2. Program Aplikasi Bitmap 3D (Tiga Dimensi)
 Program yang digunakan untuk membuat mengolah tipe grafik Bitmap 3 dimensi
Contoh Programnnya :
a. Digital Clay
b. Digital Nendo









 sumber : http://kazukiarsyif187.wordpress.com/2012/01/31/software-aplikasi/
http://kazukiarsyif187.wordpress.com/2012/01/31/software-aplikasi/

Persiapan perangkat pendukung multimedia

Perangkat Pembuat Aplikasi Multimedia
Untuk membuat suatu aplikasi multimedia kita membutuhkan perangkat keras, perangkat lunak dan ide yang siap dituangkan kedalam multimedia. Tetapi untuk membuat multimedia yang baik dituntut untuk mempunyai bakat dan keahlian juga suatu tim yang dapat mengorganisasikan kegiatan pembuatan multimedia.
Aplikasi multimedia tidak dapat dikerjakan satu orang, untuk itu dibutuhkan suatu tim untuk membuat multimedia seperti seniman grafis, penyunting video, penyunting suara, pembuat animasi dan programmer.


 
Perangkat Keras
Terdapat dua landasan untuk membuat dan memasarkan aplikasi multimedia yaitu komputer Macintosh dari Apple dan IBM PC atau setara dengan aplikasi Windows dari Microsoft. Komputer-komputer tersebut sudah merupakan GUI (Graphical User Interface). Peralatan antar muka grafis untuk pemakai yang sudah merupakan dasar dari pengguna komputer grafis diseluruh dunia, yang kemudian sekarang digunakan untuk membuat dan membangun aplikasi multimedia.
Komputer PC yang digunakan untuk membuat dan membangun aplikasi multimedia digolongkan dengan MPC (Multimedia Personal Computer). MPC tidak harus terdiri dari unit komputer saja, tetapi mempunyai standar spesifikasi terendah yaitu : MPC Level 1 dan MPC Level 2. Standar ini ditetapkan oleh Multimedia PC Marketing Council yang berkedudukan di Washington, USA.
MPC Level 1 mempunayi standar computer dengan :
- Mikroprosesor 386 SX
- RAM minimal 2 MB
- Harddisk 30 MB
- CD-ROM Drive
- VGA Video (16 warna)
- Sound Card
- Speaker atau Headphones
- Keyboard dan Mouse
Spesifikasi terendah Level 1 ini memang tidak secara penuh mendukung pembuatan aplikasi multimedia.
MPC Level 2 dengan standar spesifikasi terendah dikeluarkan tahun 1993. Walaupun spesifikasi terendah ini berasal dari MPC Level 2, tetapi tidak disarankan untuk menjadi sistem konfigurasi secara penuh.

Spesifikasi umum dari MPC Level 2 adalah :
- CPU dengan prosesor 486 SX
- Memori 4 MB
- SVGA dengan 256 warna
- Harddisk 160 MB

- CD-ROM Drive
- Sound Card 16 bit
- Speaker atau Headphones
- Keyboard dan Mouse
Dalam pembuatan suatu aplikasi multimedia, semakin baik alat-alat pendukungnya, maka semakin baik pula aplikasi multimedia yang dapat dibuat. Beberapa spesifikasi alat-alat pendukung MPC :

Video Board

Kebutuhan multimedia akan sistem video cepat meningkat, resolusi yang makin tinggi makin diperlukan oleh sistem. Kebutuhan standar sekarang berkisar antar Local Bus dan Graphic Accelerator walaupun sekarang sudah banyak ditawarkan Peripheral Component Interconect (PCI). Sebuah Graphic Accelerator dapat meningkatkan kecepatan pengolahan grafis pada sistem, dibanding pengolahan dibebankan pada mikroprosesor. Memilih Graphic Accelerator yang baik perhatikan pada Chips yang digunakan, semakin cepat dan baik Chips yang digunakan semakin baik Board tersebut.
Besarnya memori yang digunakan akan mempengaruhi tingkat resolusi dan banyaknya warna yang dapat dihasilkan. 16 warna membutuhkan ½ byte per pixel; 256 warna membutuhkan 1 byte per pixel; 46 KB warna membutuhkan 2 byte per pixel sedangkan warna sejati (16,7 juta warna) membutuhkan 3 byte per pixel. Perkalian antara resolusi Horizontal dan Vertikal pada tampilan monitor dengan banyaknya warna yang diinginkan akan menghasilkan nilai dari Memori Video Board yang diinginkan. Sebagai contoh : tampilan dengan resolusi 1280 x 1024 dengan warna sejati membutuhkan 3.952.160 byte (1280 x 1024 x 3). Untuk dapat mengolah tampilan tersebut dengan baik setidaknya dibutuhkan Video Board dengan 4 MB memori.
Dalam memilih monitor juga harus diperhatikan frekuensi yang dihasilkan, pilih monitor yang mempunyai scanning tinggi dan frekuensi vertikal yang sesuai dengan resolusinya. Untuk VESA dengan frekuensi vertikal standar 75 Hz dibutuhkan monitor dengan kemampuan 47 KHz scanning secara horizontal pada resolusi 800 x 600 pixel; 60 KHz pada resolusi 1024 x 768; atau 80 KHz pada resolusi 1280 x 1024 pixel.
Kalau akan merencanakan untuk membuat multimedia perlu dipertimbangkan untuk menyiapkan fasilitas untuk menangkap gambar dari video seperti : Video Tape dan Camcoder. Untuk fasilitas tersebut kita harus menambahkan Video Capture Board.

Sound Card

Suara merupakan salah satu fasilitas yang diminta dalam MPC baik Level 1 maupun diatasnya, karena suara sangat membantu pada saat menanyangkan gambar atau lembar laporan baik hanya dalam bentuk musik atau sebuah narasi.
Suara dapat dihasilkan dari berbagai cara. Untuk komputer yang berbasis Windows suara dapat dihasilkan melalui Speaker Internal dengan cara menginstall Driver Speaker.drv pada Windows. Sedangkan untuk memainkan suara melalui Speaker Eksternal atau dihubungkan dengan peralatan Audio lainnya harus ditambahkan Sound Card.
Pada MPC Level 2 Sound Card yang dibakukan adalah Sound Card dengan resolusi 16 bit, yang artinya Sound Card tersebut mempunyai kemampuan untuk mengolah 16 bit data suara analog menjadi data suara digital maupun sebaliknya. Begitupun kualitas suara ditentukan pula oleh frekuensi suara, semakin tinggi frekuensi suara, maka semakin baik pula kualitasnya. Frekuensi suara yang terbaik adalah 44,1 KHz, sedangkan yang terendah adalah 5,5 KHz. Mode perekaman suara masih terbagi menjadi dua yaitu Stereo dan Mono.
Perekaman dengan kualitas tertinggi akan menghasilkan file yang lebih besar pula, dengan kata lain besar file akan bergantung dengan kualitas yang ditentukan pada saat perekaman suara.
Perhitungan besar file suara dengan kualitas perekaman :
(Frekuensi Suara (Hz)) x (Lama perekaman (det)) x (Resolusi /8) x (Mode suara).
Sebagai contoh : Perekaman suara dengan resolusi 16 bit, frekuensi 44,1 KHz, stereo selama 1 menit maka akan dibutuhkan kapasitas sebesar : 44100 Hz x 60 detik x (16 / 8) x 2 = 10.584.000 byte. (Mono = 1, Stereo = 2, 1 KHz = 1000 Hz, 1 menit = 60 detik).

CD-ROM Drive
Compact Disk Read Only Memory adalah salah satu terobosan yang cukup penting dalam dunai komputerisasi, walaupun hanya dapat ditulis sekali dan dibaca berulang-ulang, akan tetapi daya simpan yang cukup tinggi sekitar 650 MB sangat membantu sebagai tempat penyimpanan data.
Compact Disk yang beredar sekarang ini terdiri dari beberapa tipe format seperti : CD-DA (Digital Audio) atau biasa disebut CD-Music; Kodak Photo CD berisi file-file gambar yang dipadatkan; CD-I (Interactive) berisi gambar-gambar video yang interaktif; dan masih ada beberapa tipe format CD yang lainnya.
CD-ROM Player yang baik adalah yang dapat mendukung semua tipe format CD, setidak-tidaknya beberapa tipe format CD. Perlu diperhatikan pula untuk dapat menjalankan file-file gambar video atau animasi yang baik dengan CD, pilihlah CD-Player dengan kecepatan 4 speed (Quadraple), hal ini untuk menghindari patahan-patahan pada saat membaca CD dan menampilkannya. Satu kecepatan pada CD Player dapat membaca 150 KB data per detik, jadi untuk 4 kecepatan CD-Player dapat membaca 150 x 4 = 600 KB per detik.

Perangkat Lunak
Perangkat lunak mmebantu pengguna komputer untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan komputer. Perangkat lunak digunakan untuk membuat elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, suara, video dan animasi. Elemen-lemen tersebut dapat dihasilkan dari hasil imajinasi dalam pemakaian perangkat lunak, hasil scanning atau dengan cara mengambil gambar dari layar monitor, dan kemudian hasil tersebut dapat diedit dan diterjemahkan ke dalam format file yang dikehendaki pada program multimedia. Tidak harus menjadi seorang programmer / ahli komputer untuk membuat multimedia, tapi dituntut untuk dapat mengenal standard bentukan-bentukan yang digunakan dalam pembentukan multimedia, seperti format AIF dikenal sebagai format suara digital yang digunakan pada program Macintosh atau BMP merupakan format file Bitmap untuk gambar yang digunakan oleh banyak program Windows. Perangkat lunak yang digunakan dapat berupa pengolah kata, spreadsheets, pembuat animasi, database atau program gambar-gambar dan program pendukung lainnya.

sumber :
http://chievan.blogspot.com/2010/04/perangkat-pembuatan-aplikasi-multimedia.html

Karakteristik aplikasi multimedia

Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, pemilihan dan penggunaan multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen lain, seperti: tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran.
Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
1. Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
2. Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
3. Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan oran lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi fungsi sebagai berikut:
1. Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
2. Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3. Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
4. Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.

sumber : http://mimilers.blogspot.com/2010/03/karakteristik-multimedia.html

Sejarah,Pengertian Multimedia Dan Manfaatnya


A.Pengertian  dan Sejarah
Program Multimedia adalah Suatu program yang untuk menyajikan dan menggabungkan teks,suara,gambar,dan video.dengan alat bantu tool sehingga pengguna akan lebih gampang menggunakannya.dan juga bisa berkarya,berinteraksi serta mengedit,dan berkomunikasi,di dunia hiburan multimedia juga sering digunakan sebagai alat hiburan.dan multimedia juga digunakan dalam dunia game.
awal mula multimedia berasal dari theater,bukan dari komputer Pada awalnya Multimedia hanya digunakan untuk menonton,mengetik dan pemberi kabar berita,tetapi di zaman sekarang multimedia sangat banyak manfaatnya dan sudah tersebar luas di daerah-daerah,negara,dan dunia.
Lama kelamaan multimedia mulai memasukkan unsur kinetik dan mulai membangkitkan sense realistis.
multimedia juga sangat penting dan membuat banyak peminat karena multimedia bisa menggabungkan antara video,gambar dan juga suara serta menurut lembaga reset komputer menyatakan bahwa orang hanya mampu 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengarnya.namu orang dapat mengingat 50% dari apa yang dilihatnya dan didengar dan 30% dari yang dilihat,didengar sekaligus.dan tenyata Mulitmedia sangat efektif.
maka multimedia bisa menjadi tool dalam pembelajaran dan pendidikan  serta untuk meraih keunggulan bersaing diperusahaan.  

B. Manfaat

Manfaat multimedia di dalam pembelajaran .yaitu:
agar pembelajaran lebih menarik dan juga bisa masuk ke otak,dan tergantung juga kepada anak muridnya  apakah masuk dalam pembelajaran seperti ini,dan multimedia meggampangkan pembelajaran dan juga pembahasan materi pembelajaran di kelas,maupun dimana saja.
memperbesar benda yang tidak nampak oleh mata,seperti kuman,bakteri,dll.
memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah,seperti gajah,rumah,dll.
menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumitdan berlangsung cepat atau lambat,seperti sstem tubuh manusaia,bekerjanya suatu mesin,beredarnya planet mars,berkembangnya bunga,dll.
menyajikan benda atau peristiwa yang jauh,seperti bulan,bintang,salju.
menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya,seperti letusan gunung berapi,harimau,racun,dll.
meningkatkan daya tarik siswa/siswi.
Manfaat multimedia di dalam ksehatan
mempermudah dokter dalam melihat dan memonitor kesehatan pasien,dan melihat detak jantung pasien lewat monitor.
Manfaat multimedia di dalam jasa pengeriman barang
kantor pos bisa megirim barang/dokumen lebih cepat dan akurat sampai,dengan adanya multimedia komputer dan inernet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat,cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap,jadi dunia menjadi semaki sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepat.

sumber :