Jumat, 05 April 2013

Pemahaman Animasi dan cara mengolahnya

Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah diciptakan. Cara sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah dengan menggunkan sejumlah gambar yang berbeda sedikit.
Cara ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan perangkat lunak seperti Ulead GIF Animator, yang akan membuat deretan gambar tersebut disimpan pada sebuah berkas dengan eksistensi .gif. Teknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah morphing. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Teknik ini digunakan pada film Terminator.




Jenis-jenis Animasi
1. Animasi Cel.
Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan  untuk  membuat  film  gambar  bergerak  pada  tahun- tahun awal animasi. Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation). Namun, sekarang material film dibuat dari asetat (acetate). Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk  animasi  tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah,misalnyaantara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.
2. Animasi Frame
Animasi frame adalah animasi paling sederhana. Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak. Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.
3. Animasi Sprite
Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam. Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya:  burung  terbang,  planet  yang  berotasi,  bola memantul, ataupun logo yang berputar. Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh  layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.
4. Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan, misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.
5.Animasi Spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva sehingga gerakan  obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.
6. Animasi Vektor
Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang. Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
7. Animasi Character
Animasi ini biasanya terdapat di film kartun.  Semua bagian dalam film kartun  selalu bergerak bersamaan.
Apapun  jenis  animasinya,  yang  penting  adalah  memberikan  efek  “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek.
Visual efek dapat dibuat dengan cara:
  • Motion  dynamics,  efek  yang  disebabkan  perubahan  posisi  terhadap waktu.
  • Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur)
  • Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera
Software Pengolah Animasi



software animasi yang ada saat ini. Ada yang jenis 2D dan 3D baik dari kalangan berbayar maupun dari kalangan OpenSource. 
Dari kalangan berbayar jenis animasi 2D yang paling banyak digunakan adalah Adobe Flash dan Swish. Sedangkan untuk jenis animasi 3D dari kalangan berbayar yang banyak digunakan adalah 3D Studio Max, Maya, dan AutoCAD. 
Kalau untuk yang OpenSource Blender, merupakan software pengolah animasi dan modeling yang berjenis 3D. Sebagai catatan bahwa dari software animasi berbayar yang sebutkan diatas kesemuanya hanya bisa berjalan diatas flatform Windows. Sedangkan dari kalangan OpenSource selain dibuat untuk dunia Linux tapi juga banyak yang dibuat untuk Windows atau ada versi installer Windows-nya karena sifatnya yang gratis dan terbuka. seperti Blender ada untuk Linux dan ada juga untuk Windows. 


 



sumber :
http://blog.um.ac.id/nhdhini/2011/12/12/animasi-dalam-multimedia/
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081005235127AAr6z0L
http://kazukiarsyif187.wordpress.com/2012/01/31/software-aplikasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar